Repository Universitas Andalas

DAMPAK PEMBANGUNAN PASAR AGROPOLITAN TERHADAP TATANIAGA HORTIKULTURA ( Studi Kasus : Pasar Agropolitan Aie Baluluak Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok)

INDRIADI, ZULIA (2014) DAMPAK PEMBANGUNAN PASAR AGROPOLITAN TERHADAP TATANIAGA HORTIKULTURA ( Studi Kasus : Pasar Agropolitan Aie Baluluak Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok). Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
PDF
Download (143Kb) | Preview

Abstract

DAMPAK PEMBANGUNAN PASAR AGROPOLITAN TERHADAP TATANIAGA HORTIKULTURA ( Studi Kasus : Pasar Agropolitan Aie Baluluak Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan profil Badan pengelolaan Pasar Agropolitan dan mengetahui perubahan tataniaga hortikultura sebelum dan setelah Pasar Agropolitan di bangun. Hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif kuntitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengelolaan Pasar Agropolitan dilakukan oleh Badan Pengelola Pasar Agropolitan yang ditetapkan oleh Keputusan Bupati Solok No. 500-496.2008. Pengelolaan Pasar Agropolitan belum maksimal. Manajemen dalam pengelolaan Pasar Agropolitan belum ada sehingga tidak terjadi perubahan saluran pemasaran. Saluran pemasaran bawang merah dan cabe merah sebelum dan setelah Pasar Agropolitan di bangun tidak ada perubahan. Terdapat dua saluran pemasaran yang dilalui yaitu a) Petani – pedagang pengumpul – Pedagang Besar dan B) Petani – Pedagang Besar. Margin pemasaran bawang merah dan cabe merah sebelum dan setelah Pasar Agropolitan dibangun tidak ada perubahan. THE IMPACT OF PASAR AGROPOLITAN ON HORTICULTURE MARKETING (Case Study: Agropolitan Market Centre of Aie Baluluak Kenagarian Sungai Nanam Kecamatan Lembah Gumanti, Solok District) ABSTRACT This research aims to profile the management of Agropolitan Market Centre of Aie Baluluak, Kenagarian Sungai Nanam, and to assess the change of horticulture marketing after establishment of Pasar Agropolitan. The agropolitan market centre is managed by ”Badan Pengelola” which was formally formed by regent of Solok. It does actually not work well in managing the market. Therefore, the market does not change significantly marketing chains and margin of sorroundingly produced horticulture.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: riri rima wustari
Date Deposited: 14 Apr 2014 01:18
Last Modified: 14 Apr 2014 01:18
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/20229

Actions (login required)

View Item View Item