Tungkir, Rindang BR (2008) PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA BANK MUAMALAT DENGAN PT.POS INDONESIA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN SHAR-E (Cabang Padang). Other thesis, Fakultas Hukum.
PDF (PELAKSANAAN PERJANJIAN ANTARA BANK MUAMALAT DENGAN PT.POS INDONESIA DALAM PENINGKATAN PELAYANAN SHAR-E (Cabang Padang))
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (753Kb) |
Abstract
Bank Muamalat sebagai bank pertama yang menganut prinsip syariah di Indonesia mempunyai keinginan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam penyelenggaraan perekonomian perbankan dengan prinsip syariah yang mengacu pada Al'Quran dan Hadist, dengan mengutamakan prinsip bagi hasil yang tidak riba menurut hukum agama. Keinginan ini diwujudkan dengan mengajak PT.Pos Indonesia sebagai mitra kerjasama dalam peningkatan pelayanan Shar-e. Kerjasama dengan PT.Pos ini dinyatakan secara tegas dengan adanya Perjanjian Kerjasama antara PT.Pos dengan Bank Muamalat lndonesia. Adanya perjanjian ini menimbulkan hak dan kewajiban bagi para pihak sesuai dengan kescpakatan. Adapun permasalahan yang diangkat dalam karya ilmiah ini adalah bagaimana hak dan kewajiban dalam pelaksanaan perjanjian antara PT.Pos dengan Bank Muamalat dalam meningkatkan pelayanan shar-e, pembagian keuntungan dalam pelaksanaan perjanjian antara PT.Pos dengan Bank Muamalat, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan perjanjian dan upaya penyelesaiannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yuridis sosiologis (empiris ) yaitu pendekatan yang dilakukan terhadap perilaku hukum yang menekankan pada aspek hukum (perundang-qndangan ) berkenaan dengan pokok masalah yang akan dibahas dan akan dikaitkan dengan praktek di lapangan. Untuk mendapatkan data- data diperlukan dilakukan dengan teknik wawancara (field research)serla dengan melakukan studi dokumen-dokumen dan literature melalui pustaka (library research) .Setelah semua data terkumpul, penulis melakukan pengolahan data melalui proses editing, karena mengumpulkan data tidak seluruhnya data yang dikumpulkan dirnasukkan tetapi mengambil yang diperlukan dari semua data yang terkumpul. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan pT.pos dan Bank Muamalat sebagai para pihak dalam perjanjian kerjasama peningkatan pelayanan shar-e telah melaksanakan perjanjian sesuai dengan kesepakatan , terutama oleh PT.Pos sebagai mitra kerjasama dalam penjualan paket perdana shar-e, sementara pembagian keuntungan telah berjalan sesuai kesepakatan dengan tidak adanya masalah yang timbul berkenaan dengan pembagian keuntungan, pembagian keuntungan berupa imbal jasa kepada Pos, sementara kendala yang timbul hanya bersifat teknis yaitu jaringan yang rusak, dan penanganannya hanya bersilat laporan oleh soPP Pos kepada Bank Muamalat yang kemudian akan ditangani lebih lanjut. Kendala yang sifatnya kelalaian kewajiban oleh para pihak yaitu PT.Pos atau Bank Muamalat tidak ada.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Hukum > Hukum |
Depositing User: | girl 123 456 |
Date Deposited: | 09 Dec 2010 05:24 |
Last Modified: | 09 Dec 2010 05:24 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/6349 |
Actions (login required)
View Item |