Repository Universitas Andalas

ANALISIS KEBIJAKSANAAN PEMASARAN MOBIL MINIBUS (MULTI PURPOSE VEHICLE) NISSAN PADA PT WAHANA META RIAU

Maulana, Rio (2008) ANALISIS KEBIJAKSANAAN PEMASARAN MOBIL MINIBUS (MULTI PURPOSE VEHICLE) NISSAN PADA PT WAHANA META RIAU. Other thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KEBIJAKSANAAN PEMASARAN MOBIL MINIBUS (MULTI PURPOSE VEHICLE) NISSAN PADA PT WAHANA META RIAU) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (566Kb) | Preview

Abstract

Manajemen strategi dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu untuk memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevalusi keputusan lintas fungsi yang memungkiNkan organisasi dapat mencapai tujuannya. Proses manajemen strategi didasarkan atas kepercayaan bahwa organisasi seharusnya secara terus menerus memantau kejadian di lingkungan internal dan eksternal serta tren, sehingga perubahan yang cepat dapat dibuat ketika diperlukan. Setiap organisasi harus mampu mengidentifikasi secara tepat dan beradaptasi dalam perubahan. Analisa terhadap lingkungan internal dan eksternal disebut analisa SWOT (Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman). Berdasarkan analisa SWOT terhadap PT Wahana Meta Riau, maka banyak faktor-faktor yang telah berubah, sehingga strategi dan kebijaksanaan harus dievaluasi kembali. Hal ini ditandai dengan tingkat penjualan yang menunrn dan kurangrrya minat konsumen terhadap produk Nissan. Untuk meningkatkan penjualan dan minat konsumen terhadap produk Nissan, maka PT Wahana Meta Riau melakukan perubahan pada strategi dan kebijaksanaannya. Strategi yang dilakukan oleh PT Wahana Meta Riau untuk meningkatkan penjualan mobil minibusnya adalah Strategi Ekspansi, yang mencakup penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan diversifikasi konsentrik. Sedangkan kebijaksanaan yang dilakukan adalah kebijaksanaan terhadap produk, harga, tempat/ distribusi, dan promosi. Pada tahun 2008 ini PT Wahana Meta Riau meluncurkan tipe mobll minibus baru yaitu Nissan Grand Livina sebagai jawaban atas evaluasi faktor internal dan eksternal. Mobil ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan mobil minibus Nissan dan merebut hati konsumen dengan harga yang terjangkau dan model yang futuristik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Unit atau Lembaga: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 18 Feb 2011 10:32
Last Modified: 18 Feb 2011 10:32
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7014

Actions (login required)

View Item View Item