Repository Universitas Andalas

PERILAKU PETERNAK AYAM BROILER DALAM PEMBELIAN PAKAN AYAM RAS PEDAGING DI KECAMATAN KURANJI

Anggola, Metti (2009) PERILAKU PETERNAK AYAM BROILER DALAM PEMBELIAN PAKAN AYAM RAS PEDAGING DI KECAMATAN KURANJI. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PERILAKU PETERNAK AYAM BROILER DALAM PEMBELIAN PAKAN AYAM RAS PEDAGING DI KECAMATAN KURANJI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (352Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kecamatan Kuranji, Kota Padang mulai tanggal 5 Oktober sampai 5 November 2008.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumeir dan karakteristik pembelian pakan ayam ras pedaging, serta untuk mengetahui persepsi peternak terhadap pakan ayam ras pedaging di Kecamatan Kuranji. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei, yaitu dengan wawancara langsung , dengan menggunakan quisioner, terhadap peternak ayam ras pedaging. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa dari 36 petemak yang dijadikan responden penelitian, dapat dilihat karakteristik peternak yang meliputi umur sebagian besar peternak berumur 36-55 tahun sebanyak 20 orang (55,55%).dan sebanyak 29 orang (80,5%) berjenis kelamin laki- laki. Tingkat pendidikan peternak sebanyak 17 orang (47,2%) berpendidikan SlTA/sederajat dan jika dilihat dari skala usaha peternak sebanyak 20 orang (55,5%) 1000-2000 ekor. Lanra usaha peternak sebanyak 3 1 0rang peternak sudah menjalankan usaha mereka >5 tahun. Jika dilihat karakteristik pembelian konsumen (petemak) ayam ras pedaging peternak di Kecamatan Kuranji adalah 36 orang peternak sebagian besar 72,2 % menggunakan pakan dari PT. Charoen Pok Phan, dan 27,8 % menggunakan pakan dari PT. Japfa Comfeed. Skala usaha peternak di Kecamatan Kuranji relatif kecil, sebagian besar peternak 58,4% (21 Orang) membutuhkan pakan perbulannya < 50 karung (2500kg). Untuk frekuensi pembelian, sebesar 50% (18 orang) peternak melakukan pembelian 3-4 kali perbulannya atau dapat dapat di simpulkan bahwa peternak melakukan pembelian pakan setiap minggunya. Persepsi peternak terhadap harga pembelian pakan adalah biasa dengan skor rata- rata 49,2. Dan untuk potongan harga pakan persepsi peternak juga biasa dengan skor rata- rata 58,2. Sedangkan persepsi peternak terhadap label merek pakan adalah buruk dengan skor rata- rata 40. Hal ini disebabkan karena peternak tidak begitu mementingkan tampilan merek tersebut, Peternak lebih mementingkan pencantuman komposisi dan nilai gizi pakan, hal ini dapat dilihat dari respon baik peternak dengan skor rata-rata 65,6. Secara umum persepsi peternak terhadap pakan ayam ras pedaging adalah biasa dengan total rata-rata 42,6.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: girl 123 456
Date Deposited: 24 Feb 2011 14:41
Last Modified: 24 Feb 2011 14:41
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7349

Actions (login required)

View Item View Item