Repository Universitas Andalas

PERUSAHAAN OTOBUS BAHAGIA 1967 - 2008.

MAIYANTI. , FITRI (2010) PERUSAHAAN OTOBUS BAHAGIA 1967 - 2008. Other thesis, Fakultas Sastra..

[img]
Preview
PDF (PERUSAHAAN OTOBUS BAHAGIA 1967 - 2008. ) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (369Kb) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul "Perusahaan Otobus Bahagia 1967-2008". Penelitian ini termasuk pada kajian sejarah perusahaan dalam bidang transportasi. Sejarah perusahaan adalah mencakup semua aktifitas para pengusaha di masa lampau, terutama menyangkut hal-hal yang berupa catatan-catatan keputusan orang yang mencari keuntungan pribadi dari keuntungan dalam pelayanan barang dan jasa. Penulisan ini akan melihat PO Bahagia sebagai salah satu Perusahaan Otobus di Sumatera Barat yang dapat bertahan di tengah-tengah persaingan yang semakin banyak dan ketat. Perusahaan Otobus Bahagia awal berdirinya hanya melayani trayek peken-pekan (Mudiak-Payakumbuh). Kemudian pada tahun 1970 PO ini memperluas trayek Payakumbuh-Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap yaitu heuristik (pengumpulan sumber), kritik sumber, interpretasi dan historiografi (penulisan). Pengumpulan sumber dilakukan dengan studi pustaka dan studi sejarah lisan. Studi pustaka dilakukan untuk mencari sumber tertulis, diantaranya arsip-arsip, buku-buku dan tulisan-tulisan yang berhubungan dengan transportasi khususnya PO Bahagia. Sumber lisan diperoleh melalui wawancara dengan orang-orang yang terlibat langsung dengan PO Bahagia, di antaranya pemimpin PO Bahagia dan keluarganya, DLLAJ (Lima Puluh Kota, Payakumbuh, dan Padang), para penggabung, agen-agen, sopir-sopir, kenek, dan penumpang. Sumber dan informasi y4ng diperoleh dikritik lalu diinterpretasikan, baru kemudian dilakukan penulisan. PO Bahagtra dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat di antara perusahaan transportasi di Sumatera Barat. PO Bahagia merupakan perusahaan keluarga. Perusahaan ini didirikan oleh Johan Is pada tahun 1967, dan pada tahun 1984 perusahaan ini berganti pemimpin karena Johan Is meninggal dunia. Ia digantikan oleh putra keduanya yang bernama Israr Johan. Penggantian pemimpin disepakati atas rapat atau keputusan keluarga Johan Is. Pada tahun 1985 PO Bahagia membuka sistem gabung. Maksudnya PO Bahagia membuka diri untuk membolehkan angkutan mobil untuk bergabung dengan PO Bahagia. Sehingga, jumlah bus PO Bahagia bertambah banyak di samping Israr Johan membeli beberapa unit bus baru. Akibatnya PO Bahagia dapat melayani trayek yang lebih banyak. Tahun 2000an PO Bahagia mengalami sedikit kemunduran, ini disebabkan karena pada tahun ini telah banyak PO baru yang muncul dengan tampilan baru seperti menggunakan mini bus dengan fasilitas yang bagus. Sementara PO Bahagia masih menggunakan bus besar kapasitas lebih kurang 30 tempat duduk. Tetapi walaupun begitu PO Bahagia mulai bangkit sedikit demi sedikit ini dibuktikan dengan penungkatan jumlah bus pada tahun 2005. Melihat persaingan semakin ketat maka untuk meningkatkan daya saing setelah mengalami kemunduran, pada tahun 2008 Israr Johan mengganti armadanya dengan mini bus dengan kapasitas lebih kurang 14 tempat duduk. Di samping itu ia juga memperbaiki penampilan bus dengan warna cat hitam yang berbeda dengan PO-PO yang lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Unit atau Lembaga: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 02 Mar 2011 04:25
Last Modified: 02 Mar 2011 04:25
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/7876

Actions (login required)

View Item View Item