Repository Universitas Andalas

PERSEPSI PETERNAK DALAM PEMILIHAN MEREK DAN HARGA PAKAN AYAM RAS PETELUR DI KENAGARIAN LAMPASI KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH

Hidayat, Rachmat (2008) PERSEPSI PETERNAK DALAM PEMILIHAN MEREK DAN HARGA PAKAN AYAM RAS PETELUR DI KENAGARIAN LAMPASI KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH. Other thesis, Fakultas Peternakan.

[img]
Preview
PDF (PERSEPSI PETERNAK DALAM PEMILIHAN MEREK DAN HARGA PAKAN AYAM RAS PETELUR DI KENAGARIAN LAMPASI KECAMATAN PAYAKUMBUH UTARA KOTA PAYAKUMBUH) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (341Kb) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Lampasi, Payakumbuh Utara terhadap para peternak ayam ras petelur, yang bertujuan untuk mengetahui perilaku peternak sebagai konsumen pakan ayam ras, serta untuk mengetatrui bagaimana persepsi peternak terhadap pemilihan merek dan harga pakan ayam ras yang ada di Kenagarian Lampasi. Metode penelitian yang dipakai adalah metode survei, yaitu dengan wawancara langsung maupun tidak langsung, menggunakan quisioner, terhadap peternak ayam ras petelur. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa dari 35 peternak yang dijadikan responden penelitian, sebagian besar 68,6% (24 orang) menggunakan pakan dari PT. Charoen Pok Phan. Sebagian besar peternak menggunakan pakan yang sama sejak berdirinya usaha. Oleh karena skala usaha peternak di Kenagarian Lampasi relatif kecil, maka peternak tidak begitu banyak membutuhkan pakan, sebagian besar peternak menggunakan pakan perbulannya < 50 karung (2500 kg) dengan persentase 37,1 % (3 orang). Untuk frekuensi pembelian, sebesar 48,5% (17 orang) peternak melakukan pembelian 3 - 4 kali perbulannya atau dapat dikatakan bahwa mereka melakukan pembelian pakan setiap minggunya. Secara umum, persepsi peternak terhadap pakan ayam ras petelur adalah biasa, dengan skor 51,2. Persepsi yang biasa juga didapatkan dari indikator harga pembelian dan potongan harga pakan, dengan skor masing-masing 47 dan 57,8. Persepsi yang buruk (37,4) dari peternak ditujukan untuk tampilan merek pakan. Hal ini disebabkan oleh karena peternak tidak begitu mementingkan tampilan merek tersebut, mereka lebih mementingkan pencantuman komposisi dan nilai gizi pakan, hal ini dapat dilihat dari respon baik peternak, dengan skor 62,6. Kata kunci : persepsi, merek, harga, pakan ayam ras petelur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Unit atau Lembaga: Fakultas Perternakan > Produksi Ternak
Depositing User: Haryoshi Utami
Date Deposited: 17 Mar 2011 13:40
Last Modified: 05 Oct 2011 09:02
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item