Martalisa, Reffy (2008) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL "ZHONA" DI PANYAKALAN KABUPATEN SOLOK. Other thesis, Fakultas Peternakan.
|
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR KERUPUK KULIT PADA INDUSTRI KECIL "ZHONA" DI PANYAKALAN KABUPATEN SOLOK)
- Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (335Kb) | Preview |
Abstract
Penelitian dengan judul "strategi Pengembangan Pasar Kerupuk Kulit pada Industri Kecil "Zhona" di Panyakalan Kabupaten Soiok" dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2005 yang beralamat di Jalan Raya Muara panas Panyakalan Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemasaran yang dijalankan dan merumuskan strategi pemasaran usaha kerupuk kulit oleh industri kecil Zhona dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, dengan data-data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara langsung dengan pihak industri kecil Zhona. Data skunder diperoleh melalui instansi terkait seperti Koperindag Kabupaten Solok, BPS Sumbar. Analisa data yang digunakan adalah analisa kualitatif. Untuk mengetahui kebijakan pemasaran diperlukan data mengenai produk, harga, distribusi dan promosi, untuk merumuskan strategi digunakan alat analisa SWOT. Dari bauran pemasaran diketahui bahwa produk yang dihasilkan adalah kerupuk kulit yang dibungkus dalam kemasan plastik dipasarkan dengan merek Zhona. Penetapan harga dengan metode cost-plus dan memperhatikan harga pasaran. Distribusi yang digunakan adalah distribusi langsung dan distribusi tidak langsung dengan menggunakan pedagang pengecer. Promosi produk belum direncanakan dengan baik, hanya mengikuti pameran-pameran yang ada melalui Depertemen Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan. Analisa yang digunakan adalah analisa SWOT, dari hasil analisa lingkungan internal dan eksternal maka disarankan agar mulai menampilkan komposisi bahan yang digunakan, kandungan gizi, stempel harga halal sebagai informasi bagi konsumen, dan mulai melakukan promosi dengan melakukan promosi-promosi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture |
Unit atau Lembaga: | Fakultas Perternakan > Produksi Ternak |
Depositing User: | Haryoshi Utami |
Date Deposited: | 25 Mar 2011 20:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2011 02:39 |
URI: | http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9341 |
Actions (login required)
View Item |