Repository Universitas Andalas

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA KARTU ATM PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG BAGANSIAPIAPI

LESTARI, NOVIE (2008) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA KARTU ATM PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG BAGANSIAPIAPI. Other thesis, Fakultas Hukum.

[img]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH PENGGUNA KARTU ATM PADA BANK RAKYAT INDONESIA CABANG BAGANSIAPIAPI) - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (455Kb) | Preview

Abstract

Perlindungan hukum pada sektor perbankan adalah suatu upaya untuk melaksanakan dan menegakkan hukum dalam rangka melindungi masyarakat dari tindakan lembaga perbankan ataupun oknumnya yang tidak bertanggungjawab dan merusak kepercayaan masyarakat. Lembaga perbankan merupakan lembaga keuangan yang melaksanakan berbagai macam jasa dan menyediakan berbagai fasilitas bagi nasabahnya termasuk fasilitas penggunaan kartu ATM. Penggunaan karfir ATM ini sangat efisien dan memberikan kemudahan bagi nasabah untuk bertransaksi baik transaksi penarikan uang, transfer, berbelanja maupun transaksi- transaksi lainnya. Untuk itu penulis ingin mengetahui bagaimana proses untuk mendapatkan kartu ATM, kendala-kendala dalam penggunaannya serta bagaimana bentuk perlindungan hukum yang diberikan oleh bank. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode yuridis sosiologis yang bersifat deskriptif. Data yang penulis gunakan adalah data sekunder dan data primer yang penulis dapatkan dari hasil observasi kelapangan dan wawancara langsung penulis dengan pihak Bank Rakyat Indonesia sebagai populasi. Sedangkan untuk sampel penelitian, penulis menggunakan teknik non probability sampling. Dari hasil penelitian ini penulis dapat mengetahui bahwa proses untuk mendapatkan kartu ATM pada BRI Cabang Bagansiapiapi yaitu bahwa nasabah yang bersangkutan harus mempunyai rekening dengan cara mengisi formulir pembukaan tabungan yang didalamnya ada permohonan untuk penerbitan kartu ATM. Sedangkan kendala-kendala yang ditemui nasabah mulai dari kartu rusak sampai pada masalah gangguan jaringan" dan untuk upaya penyelesaiannya nasabah harus segara melapor ke bank" kemudian bank akan menyelesaikannya sesuai dengan prosedur yang berlaku sebagai bentuk perlindungan hukum dari bank.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Unit atau Lembaga: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: KREATIF zulka hendri
Date Deposited: 28 Mar 2011 07:55
Last Modified: 04 Oct 2011 02:35
URI: http://repository.unand.ac.id/id/eprint/9483

Actions (login required)

View Item View Item